How to Apply Nodojiman the World Nippon TV

皆さん、こんにちは!イチャです!
Halo semua! Kali ini aku akan kasih tau cara gimana sih kalau temen-temen ingin ikutan coba apply buat Nodojiman the World karena banyak banget yang kirim pesan supaya aku bahas tentang ini.
Pertama-tama, apa sih Nodojiman the World itu? Pada tahun 2015, aku menjadi finalis di Nodojiman the World dan menjadi pemenang di musim gugur. Karena hal ini nama "Fatimah" sempat menjadi trending topic di Twitter dan Yahoo Japan loh! (Tidak boleh jumawa ya guys tapi gimana dong aku bangga hehehe)

Nodojiman the World 2016. Taken by @dorippu



Nodojiman the World atau I Can Sing in Japanese adalah sebuah program yang dilakukan selama setahun dua kali pada musim semi dan musim gugur di Nippon TV, Jepang. Program singing contest ini merupakan sebuah ajang pencarian bakat yang pesertanya warga negara asing yang bukan kewarganegaraan Jepang atau keturunan Jepang. Peserta diwajibkan untuk menyanyikan lagu berbahasa Jepang pada kontes ini. Jadi, setiap orang di seluruh dunia bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti prorgram ini. Setiap musimnya ada lebih dari 6000 peserta yang mendaftarkan diri lewat web resmi NTV dan hanya akan dipilih 12-16 grup untuk on air final di Tokyo, Jepang. Jepang jauh? Tenang, gak perlu bingung mikirin biaya karena semua keperluan kalian seperti tiket pulang pergi, hotel, makan pagi-siang-malam, semua sudah ditanggung pihak TV! Enak banget kan? Oke, kita mulai dari step pertama!

Step 1!
Yang harus kamu lakukan adalah menuju ke web resmi Nodojiman the World di sini
Langkah awalnya gampang banget, tinggal isi biodata yang ada di web tersebut, tunggu sekitar 2-4 minggu, pihak TV akan menghubungi kamu via e-mail untuk meminta data dan keterangan lebih lanjut tentang diri kamu.

Step 2!
Selain lewat web resmi NTV, jika kamu berdomisili di ASEAN bisa apply lewat web resmi Gem TV Asia
Caranya sama persis, pertama-tama kamu isi biodata diri dan nanti staff akan menghubungi kamu lebih lanjut.

Step 3!
Kalau kamu apply lewat web NTV, kamu akan diseleksi secara online. Staff TV akan meminta kamu mengirimkan beberapa video bernyanyi kamu dalam bahasa Jepang. Jika pihak TV suka, staff atau producer langsung akan menguhubungi kamu (waktu itu aku dihubungi via telepon karena masih tinggal di Jepang).
Kalau kamu apply lewat web Gem TV Asia, kamu akan diseleksi lewat video, kemudian jika lolos seleksi online, akan ada seleksi langsung yang biasanya akan dilakukan di Singapore. Bedanya, seleksi lewat Gem TV Asia, kamu hanya punya saingan temen-temen dari ASEAN aja.

Step 4!
Setelah kamu dinyatakan lolos seleksi tahap akhir, pihak TV akan menginformasikan kapan shooting akan dilakukan dan bertanya tentang kesiapan kamu untuk pergi ke Tokyo. Selama 4 hari 3 malam di Tokyo, akan ada orientasi, vocal training (termasuk pelatihan pelafalan bahasa Jepang bagi yang tidak memiliki basic bahasa Jepang), rehearsal, dan di hari terakhir, akan dilakukan shooting dari pagi sampai malam loh jadi jangan lupa jaga kesehatan!

Biasanya acara akan ditayangkan 3 minggu atau satu bulan setelah shooting berakhir. Pihak TV akan mengirimkan DVD yang berisi rekaman acara dan foto ke alamat masing-masing. Tapi ingat, hanya untuk konsumsi pribadi ya!

Ada juga nih beberapa pertanyaan seputar Nodojiman the World yang akan aku jawab sebisaku aja ya berdasarkan pengalaman face186

Q: Apa kita harus tinggal di Jepang buat ikutan Nodojiman the World?
A: Seperti yang tadi udah aku jelasin di atas, kamu bisa apply dari seluruh penjuru dunia kok!

Q: Apa harus bisa bahasa Jepang?
A: Nope! Nanti akan disediakan penerjemah kok bagi peserta yang tidak bisa berbahasa Jepang.

Q: Apa ada batasan umur buat ikutan acaranya?
A: Tidak ada batasan usia! Semua orang bisa ikutan

Q: Apa kita menyiapkan sendiri lagu yang akan dibawakan?
A: Ketika proses seleksi, kita putuskan sendiri akan membawakan lagu apa. Kalau lolos ke tahap akhir, staff akan memberikan beberapa sugesti lagu yang cocok untuk vocal kita

Q: Apa hijab jadi masalah?
A: Hijab bukan masalah sama sekali makanya aku bisa muncul di TV hohoho.

Q: Hal yang jadi salah satu rintangan ikut acara ini apa?
A: Yang bener-bener harus dijaga, pertama, kesehatan. Karena ini penting banget. Perbedaan cuaca, perjalanan panjang dengan suhu dalam kabin pesawat, daya tahan tubuh, sangat berpengaruh. Jangan sampe begitu sampai Jepang harus langsung dibawa ke rumah sakit kayak aku dulu di Nodojiman 2016 dan akhirnya harus puasa ngomong selama tiga hari dan baru latihan H-1 shooting karena radang tenggorokan yang makin parah efek cuaca dan kelelahan di jalan.

Oke guys, sekian dulu informasi yang bisa aku kasih tentang Nodojiman the World. Semoga bisa bermanfaat dan jangan takut buat nyoba! face16
Jika ada pertanyaan yang belum terjawab di artikel ini atau request konten artikel, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar!
ありがとうございました!


  • Komentari:
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
     

    Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.
    削除
    How to Apply Nodojiman the World Nippon TV
      Komentar(0)